Dalam beberapa literatur tarikh disebutkan bahwa ada beberapa alasan yang diajukan para sahabat untuk menolak pengangkatan Ali _yang disebut dalam sabda Nabi bahwa hanya orang munafiklah yang membencinya_sebagai khalifah, dimulai saat perpecahan di Saqifah sampai pada konfik Ali dengan Muawiyah.

Abu Ubaidah, Umar beralasan bahwa Ali terlalu muda untuk jabatan yang begitu mulia dan tidak berpengalaman dan berilmu seperti mereka dalam pemerintahan. ingat, padahal sebelum kewafatan Nabi, beliau mengangkat Usamah bin Zaid (17 Th) sebagai panglima perang bagi kaum muslim, termasuk di dalamnya Abu Bakar, Umar dan semua tokoh utama dalam Saqifah ke Mu'tah, sedangkan Ali dipertahankan di Madinah. Mengapa begitu? anda pasti tahu jawabannya.

Umar beralasan Quraish tidak menginginkan kenabian dan kekhalifahan berkumpul sekaligus di tangan Bani Hasyim, karena khawatir kalian akan menjadi sombong dan angkuh; maka kaum Quraish telah memilih sendiri khalifah, dan tindakan mereka, menurut Umar hal ini sungguh tepat dan benar.
Alasan ini dijawab Ibn Abbas, bahwa kaum Quraisy telah memilih sendiri seorang khalifah, dan bahwa itu adalah pilihan yang tepat dan benar, maka sebenarnya yang lebih tepat dan benar ialah apabila mereka mengikuti apa yang telah dipilih Allah. Dengan mengikuti pilihan Allah, mereka akan menguasai kebenaran, dan tidak akan terlepas, dan tidak ada kedengkian terhadap pilihan Allah. Sedang bahwa mereka tidak senang akan terkumpulnya kenabian dan kekhalifahan pada keluarga kami, maka sesungguhnya Allah SWT telah berfirman di dalam al­Qur’an:
"Yang demikian itu karena mereka benci akan apa yang Allah turunkan, maka (Allah) menjadikan sia­sia amal perbuatan mereka."

Alasan kecemburuan dan dendam, Salah satu istri Nabi saw cemburu kepada Ali, suami Fathimah putri khadijah. Khadijah sendiri adalah istri nabi yang sangat dihormati baik sewaktu masih hidup maupun wafat melebihi semua istri lainnya. Alasan lainnya ia dendam kepada Ali karena saran Ali kepada Nabi ketika terjadi peristiwa Ifk (tuduhan bohong) yang menimpanya. Di waktu itu Ali pernah berkata kepada Nabi yang sedih kebingungan, "Wahai Nabi, tak kurang wanita bagi anda. Anda bisa menikah dengan perempuan lain selain ia."

Alasan lainnya yang dipilih oleh para sahabat, terutama yang berontak melawan Ali untuk menolak kekhalifahan Ali, pada masa keKhalifahan Ali adalah karena keinginannya untuk menjadi Khalifah muslim yang mengalami kemajuan, dendam pribadi, bingung/tidak tegas, dan atau karena Ali tidak akan memberikan kekuasaan dan wewenang kepada mereka yang sudah terbiasa, dan tidak akan membiarkan mereka memakai cara yang haram.


Source: The Crisis of Muslim History karya Mahmoud M. Ayoub; Suara Keadilan karya George Jordac, etc

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati